5 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan

Buah Rambutan merupakan salah satu jenis buah yang masih masuk kedalam keluarga jenis buah dari suku lerak – lerakan. Buah rambutan ini merupakan salah satu tanaman buah yang dapat hidup secara subur di wilayah  tropis yang mana tanaman ini diyakini berasal dari benua Asia Tenggara. Pohon rambutan ini secara umum dapat tumbuh dan dapat mencapai ketinggian hingga 8 m hingga 12 m,tanaman buah ini menyukai daerah yang rata – rata memiliki suhu mencapai 25 derajat celcius.

Pohon rambutan pada umumnya memiliki daun yang bentuknya sedikit menyirip dan pada setiap ranting dahan memiliki anak daun berjumlah 5 hingga 9.

5 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan

Buah rambutan ini sangat terkenal,karena memiliki ciri-ciri kulit buah yang sangat unik yakni berambut halus. Warna kulit buah rambutan ketika masih muda adalah hijau dan ketika buah rambutan ini sudah matang, maka kulit buahnya akan berubah menjadi merah cerah. Untuk bagian daging buahnya,buah  rambutan ini mempunyai tekstur daging tabl,dan banyak mengandung air yang mana kebanyakan warna daging pada buah rambutan ini dominan berwarna putih.

Buah rambutan ini di tiap 100 gram nya terdapat berbagai macam zat dan juga gizi yang banyak,yaitu:

  • 228 gr kalori
  • 14 gr lemak
  • 0 mg kolesterol
  • 24 mg natrium
  • 59 gr karbohidrat
  • 17 gr protein
  • 1,5 gr gula
  • 83 gr serat makanan
  • 19 % kalsium
  • 87% zat besi

Cara budidaya buah Rambutan  secara baik dan tepat

·   Persiapan lahan yang digunakan untuk budidaya Rambutan

Pohon Rambutan saat ini kebanyakan ditanam di sebuah pekarangan ataupun kebun luas. Ukuran ideal dalam melubangi tanah yang hendak digunakan untuk menanam bibit rambutan adalah dengan ukuran 90 x 80 x 50 cm. Dengan jarak tanam yang baik adalah sekitar 10 m hingga 19 m.

·  Proses penanaman Bibit Rambutan

Setelah lubang tanah yang ada di lahan dibiarkan selama 2 hingga 4 minggu, maka bibit buah Rambutan yang telah disiapkan  ini bisa dimasukkan ke dalam lubahg galian dan akan menutupnya dengan sebidang tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang dan di diamkan selama 1 hari 1 malam.

 Penyiangan

Penyiangan merupakan salah satu proses yang dapat menghilangkan tanaman pengganggu (gulma) yang mana dalam hal ini jelas pasti ada di sekitar tanaman bibit Rambutan . Proses ini memang sangat perlu dilakukan secara rutin,karena jika ada tanaman sejenis gulma,yang berada tepat di sekitar tanaman bibit maka pastinya pertumbuhannya juga akan terganggu dan akan mematikan tumbuhan rambutan dengan cepat. Akan lebih baik jika dilakukan juga penggemburan tanah akan tetapi jangan sampai merusak struktur akar.

·         Proses pembentukan pohon Rambutan

Ujung – ujung ranting pohon bibit Rambutan  lebih baik dipotong apabila usianya sudah menginjak 2 tahun. Pemotongan ini dilakukan untuk memperkuat cabang pohon Rambutan  nantinya. Tunas – tunas yang tumbuh dengan tidak sempurna sebaiknya juga dipotong. Pemotongan – pemotongan ini tidak hanya dilakukan saat masa pertumbuhan bibit namun juga pada saat setelah masa panen.

·   Tahap perawatan dan pemeliharaan bibit pohon Rambutan

Penyiraman, lakukan penyiraman bibit Rambutan jika dibutuhkan karena tanaman Rambutan sangat sensitif terhadap cuaca (terlalu panas atau terlalu dingin) jika cuaca sedang panas – panasnya lebih baik lakukan penyiraman air. Penyiraman tanaman Rambutan tidak dilakukan sepanjang waktu cukup melihat kondisi yang diperlukan saja.

Penyulaman, lakukan pemantauan bibit pohon Rambutan ini secara rutin. Segera sulam bibit Rambutan yang mati, tumbuh tidak sempurna, dan terserang hama atau penyakit.

Penyiangan, rumput – rumput yang tumbuh sembarangan di sekitar bibit Rambutan harus segera dilakukan penyiangan agar bibit Rambutan ini nantinya tidak terganggu pertumbuhannya. Hindari penggunaan pestisida pada bibit Rambutan karena kemungkinan akan mati karena kerusakan tanah dan keracunan.

Sebelum menggunakannya sebagai bahan untuk pembuatan kue, es krim, dan berbagai macam sajian favorit lainnya, cermati dulu beberapa manfaat Rambutan bubuk berikut ini:

1. Tinggi antioksidan

Bubuk Rambutan adalah salah satu jenis makanan yang sangat kaya akan kandungan flavonoid sebagai bagian dari senyawa polifenol. Kedua senyawa ini merupakan antioksidan secara alami. Antioksidan adalah zat yang bertugas untuk menangkal dan juga membasmi efek buruk dari adanya serangan radikal bebas, yang mana dapat memicu timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh seperti stroke,serangan jantung,dan diabetes.

Senyawa polifenol ini banyak dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan. Mulai dari mengurangi peradangan, memperlancar aliran darah, menurunkan tekanan darah, hingga meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

2. Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke

Di dalam daging Rambutan ini mempunyai berbagai macam kandungan flavonoid nya yang cukup tinggi, maka dari itu Rambutan ini sangat dipercaya dapat memperkecil peluang Anda mengalami serangan jantung dan stroke sedini mungkin. Pasalnya, flavonoid yang ada di dalam Rambutan ini akan berperan dalam meningkatkan oksida nitrat di dalam darah yang mana dengan begitu akan melebarkan arteri dan pembuluh darah dalam tubuh, sehingga aliran darah akan meningkat dengan lancar.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti di British Cardiac Society yang mana setidaknya hamper dari 190.000 orang menemukan tentang sebuah fakta bahwa ketika terlalu banyak memakan Rambutan nyatanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan gejala terkena stroke baik ringan maupun akut. Hal ini,karena tanaman Rambutan diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh secara optimal.

3. Mengurangi gejala depresi

Tanaman Rambutan ini sudah sejak lama dikenal bisa memperbaiki suasana hati seseorang dan juga sangat efektif untuk menurunkan kadar emosional dalam batin seseorang. Ternyata, hal ini disebabkan oleh adanya sari dari Rambutan yang mempunyai andil yang cukup besar dalam hal ini.

Menurut dr. Elson Haas, seorang penulis buku serta pakar botani Staying Healthy with Nutrition, mengungkapkan jika dari daging Rambutan ini bisa memperbaiki suasana hati,dan sekaligus dapat mengatasi depresi dalam tingkatan yang berbeda-beda.

4. Menjaga kesehatan kulit

Tanaman Rambutan ini juga secara optimal dapat dimanfaatkan untuk kesehatan serta perawatan kulit yang sangat mujarab. Sebuah studi telah menemukan sebuah fakta bahwa minyak esensial dari Rambutan ini dapat membantu untuk mencegah terjadinya problem umum yang sering di alami kaum hawa seperti timbulnya jerawat dan juga meminimalisir kulit berminyak, serta secara efektif dapat dengan cepat mendukung proses penyembuhan, dan  juga sangat mampu untuk memudarkan adanya bekas jerawat. Hal ini dikarenakan bahwa di dalam buah Rambutan ini dapat menyimpan banyak sekali kandungan yang bersifat anti peradangan dan anti aliasing.

5. Melindungi Organ Jantung Dan Pembuluh Darah

Sebuah studi yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa di Amerika menjelaskan bahwa di dalam buah rambutan ini terdapat senyawa flavonoid yang banyak terkandung di dalam buah Rambutan ini terhadap penurunan risiko akan kematian akibat adanya sebuah penyakit yang terjadi akibat serangan jantung dan matinya pembuluh darah. Hal ini di duga terkait adanya zat antioksidan dan  juga zat anti radang pada jeruk perut yang dapat mencegah kerusakan pada jantung dan juga pembuluh darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.