Ragam Model Kubah Masjid Yang Sering Di Gunakan Di Indonesia

Kubah ini adalah salah satu elemen arsitektur yang dibuat dalam bentuk ulat berbentuk setengah lingkaran dan diletakkan di atas atap bangunan dan dipasang di bangunan seperti masjid.

Model kubah masjid

Salah satu masjid dengan tempat wisata kubah Menadi yang indah dan terkenal, masjid Dian Al Mahri dan juga dikenal sebagai masjid kubah emas di Depok Jawa Barat. Masjid adalah salah satu masjid yang kubahnya terbuat dari emas asli.

Ragam Model Kubah Masjid Yang Sering Di Gunakan Di Indonesia

Di bawah ini adalah beberapa contoh model kubah masjid modern yang didasarkan pada bahan-bahan dasar untuk membangkitkan minat terbesar:

1. Stainless steel model kubah

Kubah dengan basis stainless steel ini memiliki kelebihan seperti stainless steel dan daya tahannya juga sangat tinggi, umumnya dengan ketebalan 0,4 mm hingga 0,5 mm. Dan kelemahannya sendiri terletak pada warna, yang hanya memiliki satu warna, yaitu warna asli, yang mengkilap.

2. Model kubah yang terbuat dari enamel baja ringan dan galvalum

Bahan dasar enamel

Bahan enamel-daar ini adalah baja ringan atau baja rendah karbon yang dilapisi dengan bahan yang terbuat dari silikon dioksida atau paduan kaca dan kemudian dilebur pada baja berkualitas tinggi dengan ketebalan 0,8 hingga 1,0 mm.

Bahan dasar dari Galvalum

Bahan dasar untuk produksi Galvalum adalah bahan baja dengan lapisan yang mengandung unsur-unsur yang terbuat dari aluminium, seng dan silikon. 55% aluminium elemen pelapis seng / 43,5% seng dan 1,5% elemen silikon.

Ketebalan pelat baja sekitar 0,4 hingga 0,5 mm. Keuntungan bahan Galvalum ini adalah tahan karat dan memiliki kualitas yang hampir sama dengan stainless steel. Manfaat bahan Galvalum dapat dicat ulang jika Anda menginginkan warna atau gaya yang berbeda suatu hari. Kubah masjid Galvalum modern ini dapat bertahan hingga 10 tahun jika dicat dengan benar.

Kubah masjid bahan GRC

Kubah masjid, yang dibangun dengan GRC atau singkatan untuk Glassiber Fiber Reinforced Cemen atau lebih dikenal dengan beton, memiliki kualitas yang sangat kuat dan juga kuat. Kubah yang dibangun dengan beton sebagai alas lebih tahan lama karena daya tahannya yang kuat karena sinar matahari dan hujan. Jual Kubah Masjid

Namun, dalam tahapan membangun kubah masjid menggunakan bahan utama beton atau dalam istilah modern disebut dengan GRC sebagai bahan dasarnya membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal.

Hingga saat ini masih banyak pengurus masjid terus bersaing untuk menghadirkan kubah yang elegan dan menarik dengan desain eksterior individu dari bangunan masjid itu sendiri. Terlepas dari fungsinya sebagai dekorasi luar masjid, kubah masjid bertindak sebagai penanda bagi semua orang yang ingin menemukannya, dan sebagai indikator kiblat.

 Atas dasar ini juga, banyak pembangun kubah masjid menawarkan motif menarik yang terkandung dalam kubah masjid. Dengan banyaknya motif yang beredar di pasaran, tidak semua motif pasti cocok dipadukan dengan desain masjid itu sendiri. Karena itu, sebagai konsumen, Anda harus berhati-hati ketika memilih jenis kubah berdasarkan motif.

Lingkungan alami

   Dalam hal ini, hubungan antara kondisi alam dan pilihan motif pada kubah sangat dekat dalam hal keindahan dan harmoni. Sifat Indonesia, yang didominasi oleh hutan, akan membuat pemilihan kubah penting untuk membuat posisi masjid diketahui dari jauh. Jika ada masjid di pantai, lebih baik memilih kubah masjid yang motifnya didominasi warna putih. Dan di pegunungan itu lebih baik ketika kubah masjid berwarna hijau.

Tradisi warga setempat

    Sebuah tradisi yang telah berkembang di wilayah ini merupakan tolok ukur bagi masjid yang ingin memilih motif kubah masjid. Sehubungan dengan ini, dapat dikatakan bahwa masing-masing kelompok masyarakat memiliki keyakinannya sendiri dalam pelarangan warna tertentu untuk diterapkan pada kubah.

Hubungi pihak terkait

   Jika Anda ingin memilih motif kubah masjid, lebih baik berkonsultasi dengan pihak terkait apakah itu masjid dengan melibatkan masyarakat sekitar atau kontraktor yang akan membantu menyelesaikan pemasangan kubah. adalah. Melalui saran, Anda akan menemukan motif kubah yang sesuai dengan desain eksterior arsitektur kubah.

Tanya teman atau kenalan

Tidak ada salahnya untuk anda terlebih dahulu bertanya kepada teman atau bisa juga kenalan anda yang banyak menggunakan layanan Perusahaan Kubah Masjid pilihan Anda. Jika Anda berkonsultasi dengan orang-orang berpengalaman, Anda dapat memilih pabrik kubah yang dapat Anda andalkan. 

Anda juga bisa mendapatkan sebuah pesan dan juga sebuah saran untuk menemukan pembuat kubah masjid yang tentunya profesional dengan hasil kerja yang cukup bagus dan sesuai keinginan anda. 

Kebanyakan orang membagikan informasi mereka berdasarkan pengalaman. Anda benar-benar perlu mencoba orang-orang yang menggunakan layanan ini.

Cara memilih motif kubah masjid

Selain kegunaannya, bangunan masjid itu sendiri tidak dapat dibangun secara sembarangan terlepas dari nilai estetika atau keindahan bangunan tersebut. Hal paling mendasar yang mempercantik bangunan masjid adalah kubah masjid. Jadi jika Anda mencoba membangun masjid, Anda harus terlebih dahulu memilih motif kubah masjid itu sendiri. Saat memilih motif dari kubah masjid, ada beberapa opsi dan kiat penting, mis. B.

Sesuaikan pola masing-masing area

Jika Anda bingung memilih motif kubah masjid, jangan lupa untuk menyesuaikan gaya kubah masjid di setiap area. Ini karena setiap suku di Indonesia memiliki motif berbeda.

Tahan cuaca

Bukan hanya keindahan yang kami perhatikan ketika memilih motif kubah masjid ini, tetapi juga daya tahan bahan kubah. Seperti yang kita tahu di Indonesia sendiri, hanya ada dua musim, musim kemarau dan musim hujan. Tentunya berbeda dengan negara lain di dunia yang rata-rata ada 4 musim. Selain itu, negara Indonesia sendiri adalah negara dengan curah hujan yang sangat tinggi. Karena itu, berdasarkan astronomi itu sendiri, ia dapat menawarkan nilai lebih kepada masyarakat Indonesia. Mengingat tingginya curah hujan di Indonesia, tentu saja kita harus mempertimbangkan bahan yang digunakan untuk membuat kubah masjid itu sendiri. Dalam hal ini, Anda perlu memilih bahan yang tahan terhadap cuaca hujan.

Cocokkan warna kubah motif masjid

Tujuannya adalah untuk menyesuaikan warna motif kubah masjid dengan karakter sekitarnya. Misalnya, jika Anda berada di daerah pegunungan dengan panorama alam yang begitu hijau, dapat digunakan sebagai kombinasi pilihan warna motif kubah masjid yang akan dibangun. 

Untuk area gunung ini Anda bisa memilih kombinasi warna hijau sesuai dengan warna dominan di area gunung. Sementara di wilayah pesisir itu sendiri harus dibedakan dari motif kubah yang ada di wilayah pegunungan. Dimana wilayah pesisir cenderung menggunakan campuran warna putih sebagai tema warna untuk kubah masjid